+6282226665557
BREAKING NEWS : Satgas COVID-19 Gunungkidul Hentikan Sementara Aktivitas Sebuah Ponpes - Pemuda Bergerak

Berita

BREAKING NEWS : Satgas COVID-19 Gunungkidul Hentikan Sementara Aktivitas Sebuah Ponpes
  • 23 Desember 2020
  • /
  • Admin

BREAKING NEWS : Satgas COVID-19 Gunungkidul Hentikan Sementara Aktivitas Sebuah Ponpes


TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Gunungkidul akhirnya mengeluarkan kebijakan terkait aktivitas sebuah pondok pesantren (ponpes) di Wonosari. Pasalnya, kluster penularan terbentuk dari sana.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty mengungkapkan Satgas COVID-19 meminta aktivitas di ponpes tersebut dihentikan sementara.


"Sementara stop belajar tatap muka," kata Dewi lewat pesan singkat pada Rabu (23/12/2020). Hingga Minggu (20/12/2020) lalu, ia mengungkapkan sudah 20 santri yang dinyatakan terpapar COVID-19.


Mereka pun saat ini menjalani karantina mandiri, baik di rumah masing-masing ataupun di asrama ponpes. Keputusan menghentikan sementara aktivitas belajar muncul setelah Satgas COVID-19 berunding pada Senin (21/12/2020).


Sebelum keputusan keluar, Dewi mengatakan semua santri terpapar sudah mendapatkan penanganan sesuai prosedur. "Hanya satu ponpes ini saja yang dihentikan sementara aktivitas belajar tatap mukanya," jelasnya.


Senada, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul Arif Gunadi menyampaikan aktivitas ponpes tersebut dihentikan sementara setidaknya selama seminggu. Penghentian itu dilakukan terhitung sejak Senin lalu.


Tak hanya ponpes, aktivitas usaha yang dimiliki oleh pihak ponpes pun ikut ditutup sementara waktu. "Langkah tersebut diambil agar tidak ada interaksi langsung dengan warga sekitar," kata Arif.


Sementara itu, Kemenag Gunungkidul akan lebih memperketat pemantauan pada 32 ponpes lainnya. Mereka memastikan protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan baik dan benar oleh santri hingga pengelola ponpes.


Arif memastikan hanya satu ponpes yang dilaporkan mengalami penyebaran COVID-19. Sedangkan lainnya masih aman dan tetap melanjutkan aktivitas belajar seperti biasa, dengan prokes ketat. "Koordinasi juga kami lakukan terus dengan Dinkes hingga Puskesmas setempat," jelasnya.( Tribunjogja.com )


Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul BREAKING NEWS : Satgas COVID-19 Gunungkidul Hentikan Sementara Aktivitas Sebuah Ponpes, https://jogja.tribunnews.com
Penulis: Alexander Aprita
Editor: Gaya Lufityanti